BEST PRACTISE PENGALAMAN MENGATASI PERMASALAHAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI BUSANA ADAT JAWA
Oleh : SUSENO, S.Pd
Bahasa Jawa merupakan bahasa ibu dan menjadi muatan lokal pada setiap satuan pendidikan. Dalam praktik pembelajaran, guru dan siswa mengalami berbagai permasalahan yang berasal dari berbagai faktor. Adapun latar belakang permasalahan dalam pembelajaran bahasa Jawa tersebut antara lain:
Minat siswa membaca bacaan berbahasa Jawa masih rendah.
Perbendaharaan kata bahasa Jawa siswa kurang.
Siswa menganggap bahasa jawa kuno dan tidak gaul.
Siswa kesulitan memahami bacaan berbahasa Jawa, terutama deskripsi busana adat jawa.
Berawal dari keresahan inilah, Penulis mencoba melakukan serangkaian karya ilmiah dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam membuat teks deskripsi busana adat jawa dengan menerapkan model Problem Based Learning, media pembelajaran berbasis IT (power point teks deskripsi, video busana adat jawa), dan metode SQ3R, thak thuk sandat (gothak gathuk busana adat) dan metode tanya jawab
Dokumen Best Practice bisa di akses melalui link berikut :